Tania.M 4 February 2018
Uang Kuliah Jadi Aman dengan Pinjaman DanaDidik

Beberapa waktu belakangan, penggalan dana secara massal atau crowdfunding mualai banyak dilakukan khususnya untuk berbagai kegiatan sosial. Penggalangan dana biasanya dilakukan ketika ada kasus kesehatan atau kebutuhan hidup yang mencuri perhatian khalayak ramai. Penggalangan dana saat ini juga jauh lebih modern dengan adanya teknologi berupa situs crowdfunding.

Namun, tak banyak yang tahu jika adapula situs penggalangan dana yang memberikan wadah bagi Anda mendapatkan dana pendidikan yang dibutuhkan. Dana pendidikan yang setiap tahunnya semakin meningkat rasanya tak selalu bisa dipenuhi dengan simpanan atau pinjaman semata. Karena itu, bagi Anda yang membutuhkan dana untuk membiayai sekolah maka bisa mengakses situs Danadidik.

Apa Itu DanaDidik?

Situs ini merupakan spesialis penggalangan dana yang khusus melakukan pembiayaan pendidikan atau student loan dengan menghubungkan mahasiswa yang kurang mampu dengan pihak sponsor maupun donatur. Layanan ini sekaligus menjadi jawaban untuk jutaan pemuda Indonesia di luar sana yang masih kesulitan mengakses pendidikan karena keterbatasan biaya.

Danadidik mengajak masyarakat luas untuk berinvestasi dalam pendidikan mahasiswa, siapapun, dengan jumlah berapapun minimal Rp50.000. Nantinya, pengembaliannya sendiri bagi mahasiswa akan diterapkan sistem bunga 0%+bagi hasil. Ketiadaan bunga ini tentunya tidak akan memberatkan kalangan terpelajar dalam proses pengembaliannya nanti.

Pinjaman pendidikan ini dikhususkan untuk membiayai pendidikan tinggi baik jenjang D1 sampai dengan S1. Semua mahasiswa bisa mendapatkan pembiayaan setelah melalui proses cek latar belakang yang terdiri dari wawancara, psikotes, referensi sekolah, dan orang tua. Seluruh tahapan ini sengaja disusun oleh tim DanaDidik agar bantuan yang diberikan tidak salah sasaran.

Bisa untuk Mahasiswa Tingkat Akhir!

Pinjaman juga bisa diberikan bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi maupun tugas akhirnya. Hanya saja, dibatasi mahasiswa tersebut maksimal 18 bulan sebelum kelulusan. Pinjaman yang diberikan berjumlah Rp2 juta sampai dengan Rp10 juta. Verifikasi melibatkan referensi keluarga dan kampus terkait serta paparan soal penggunaan dana.

Situs ini mengedapankan prinsip untuk tidak memberatkan mahasiswanya dalam proses pengembalian. Terlebih lagi, awal lulus kuliah, para sarjana disibukkan dengan mencari pekerjaan termasuk mengembalikan pinjaman ini. Namun, pinjaman yang didapat dari DanaDidik akan dikembalikan dengan sistem bagi hasil.

Ketika mahasiswa belum berpenghasilan, cicilan sebesar bunga minimum alias 0%. Sebaliknya, jika yang bersangkutan sudah berpenghasilan maka cicilan yang dikenakan berupa bagi hasil mulai dari 10% sampai dengan 30% selama 30 bulan setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan. Sistem yang disusun menciptkan solusi berupa return minimal sebesar pokok dana awal yang diberikan kembali, sedangkan untuk return maksimal ialah 15% per annum.

Pengembalian Dana Pendidikan Kepada Sponsor

Tenor atau masa pengembaliannya juga diberikan jangka mulai dari 30 sampai dengan 48 bulan, bisa dipilih sesuai dengan kemampuan, juga dilengkapi dengan opsi pelunasan awal. Bantunan yang dihimpun secara massal ini juga tidak membutuhkan jaminan apapun kecuali resiko kredit yang disusun atas diri mahasiswa terkait. Paling-paling yang dijadikan penjamin adalah orang tua mahasiswa tersbeut maupun jejak digital di sosial medianya.

Meski bersifat sebagai perantara, DanaDidik mempersilahkan sponsor berkomunikasi langsung dengan mahasiswa yang dibiayai. Komunikasi bisa dilakukan dengan email, telepon atau bahkan bertemu langsung. Bahkan, DanaDidik bersedia melakukan pengaturan untuk pertemuan tersebut dengan mempriorotaskan sponsor yang sudah mendanai.

Sementara itu, sponsor yang telah menanamkan dananya juga tidak serta merta bisa mencabut uang yang telah diberikan. Karena sistemnya back to back, sponsor hanya bisa menarik dana sesuai dengan yang telah dikembalikan mahasiswa bersangkutan. Di sisi lain, mahasiswa tidak perlu khawatir jika dana yang diberikan tiba-tiba harus dikembalikan lebih cepat dari perjanjian.

Badan Usaha yang Menaungi DanaDidik

Dinaungi oleh dua badan usaha yakni Yayasan Dana Abadi Pelajar, organisasi non-profit yang menyalurkan beasiswa dan/atau pembiayaan pendidikan dan PT Pasar Dana Teknologi, pinjaman ini sangat aman untuk menutup kebutuhan dana pendidikan Anda. Selain itu, ini juga menjadi perpanjangan tangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan membuka akses semua orang untuk berpartisipasi membiayai.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*