Waspada Penipuan GoPay Oleh Oknum Tak Bertanggung Jawab

Akhir-akhir ini, marak kasus penipuan terkait GoPay. Banyak modus penipuan yang digunakan untuk menjebak para pengguna GoPay, sistem pembayaran non tunai untuk layanan Go-Jek. Penipuan GoPay sudah jelas merugikan karena mengganggu kenyamanan dan kelancaran pembayaran non tunai tersebut. Inilah beberapa jenis kasus penipuannya.

1.     Penipuan Lewat Kode Verifikasi

Modus penipuan yang paling sering terjadi adalah penipuan lewat kode verifikasi. Hal tersebut terjadi karena penipuan berjalan lancar dan banyak pengguna yang tidak curiga. Bisa jadi karena ketidaktahuan mereka akan adanya oknum yang tidak bertanggung jawab ini. Oknum tersebut mengetik nomor secara acak, lalu menghubungi nomor tersebut.

Jika nomor telepon tersebut adalah nomor akun Go-Jek Anda, maka akan ada pesan atau telepon masuk. Mereka menyatakan jika kode verifikasi akun Go-Jek milik Anda yang selama ini digunakan terbukti salah dan mereka akan melakukan penggantian kode dengan cara pertukaran kode. Mereka meminta Anda menyebutkan kode verifikasi yang lama.

Setelah Anda mengirimkan kode verifikasi tersebut, oknum tersebut akan memanfaatkannya untuk mengakses akun Anda dan menguras saldo yang ada pada GoPay. Hal ini tentu sangat merugikan. Karenanya, jangan memberikan kode verifikasi kepada siapapun untuk menghindarinya.

2.     Penipuan Lewat Pemberitahuan Perlindungan Akun

Pemberitahuan perlindungan akun juga jadi salah satu modus penipuan pada sistem GoPay. Oknum yang tidak bertanggung jawab akan menghubungi nomor telepon yang mereka acak. Mereka mengaku dari pihak Go-Jek dan menghubungi untuk keperluan perlindungan akun Go-Jek dengan cara meminta nomor telepon yang diregistrasikan ke Go-Jek.

3.     Penipuan Berkedok Pemberian Bonus Saldo

Modus penipuan selanjutnya adalah penipuan berkedok pemberian bonus saldo kepada pengguna GoPay. Oknum tersebut menjanjikan akan mengirimkan saldo ke akun GoPay dengan jumlah tertentu apabila Anda bersedia melakukan pengisian ulang saldo ke akun tertentu. Jika dipenuhi, maka bisa jadi yang keluar adalah struk pembayaran setelah transfer.

4.     Penipuan Berkedok Pemberian Saldo 2 Kali Lipat

Selain menjanjikan bonus pulsa, oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut ada yang mengiming-imingi pemberian saldo GoPay sebanyak 2 kali lipat setelah melakukan isi ulang ke akun GoPay tertentu yang mereka berikan. Apabila dilakukan, tidak akan ada tambahan saldo 2 kali lipat seperti yang dijanjikan karena memang merupakan suatu penipuan.

Berbagai motif penipuan tersebut sangat beragam dan potensial untuk menipu pelanggan Go-Jek yang menggunakan GoPay. Penipuan tersebut banyak terjadi ketika awal penerapan sistem pembayaran non tunai ini. Setelah berbagai kasus terjadi, Anda dapat memahami setiap motif penipuan GoPay tersebut agar bisa mewaspadai dan menghindarinya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.