Berapa Ya Besaran Bunga Tarik Tunai Kartu Kredit BNI?

Bagi Anda yang menggunakan kartu kredit, khususnya kartu kredit BNI, mungkin sering melakukan yang namanya tarik tunai. Ups! Jangan sering-sering, ya! Anda harus memperhitungkan bunga tarik tunai kartu kredit BNI yang akan dibebankan pada Anda. Kalau keseringan, bisa-bisa Anda kesusahan saat harus membayar tagihannya!

Berapa Besaran Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit Bank BNI?

Untuk pengguna kartu kredit BNI, Anda harus tahu! Setiap melakukan tarik tunai kartu kredit via ATM, Anda akan dibebankan biaya. Sebenarnya, semua penarikan tunai dengan kartu kredit memang akan dikenakan biaya. Namun, khusus untuk bank BNI, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000,- atau sekitar 4% dari nominal yang Anda tarik.

Lalu, Berapa Besaran Suku Bunga yang Dibebankan?

Selain terkena biaya, Anda juga akan dikenakan suku bunga saat melakukan penarikan tunai kartu kredit bank BNI. Suku bunga yang ditetapkan bank BNI untuk tarik tunai ini adalah 2,95% per bulannya atau setara dengan 35,4% per tahun. Suku bunga ini bisa dikenakan pada Anda bila Anda terlambat membayar tagihan kartu.

Bisa juga karena Anda tidak membayar sejumlah tagihan secara penuh. Nah, sekarang coba bayangkan. Di akhr periode, berapa jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan? Tagihan pokok, biaya tarik tunai plus bunga tarik tunai yang besarannya menguras kantong. Besar sekali, kan? Masih mau melakukan tarik tunai kartu kredit?

Bagaimana Cara Menghitung Biaya Tarik Tunai Kartu Kreditnya?

Agar Anda lebih jelas dan paham, mungkin ada baiknya melakukan simulasi perhitungan biaya tarik tunai kartu kredit terlebih dulu. Misalnya saja Anda memiliki kartu kredit BNI dan sedang membutuhkan dana tunai sebesar 10 juta rupiah. Besaran biaya yang harus Anda bayarkan pada akhir periode adalah dana yang Anda tarik tunai sebesar 10 juta.

Lalu, Anda juga dikenakan biaya tarik tunai 4%. 10 juta x 4% sama dengan Rp400.000,-. Ini belum ditambah dengan bunga yang dikenakan sebesar 2,95% bila Anda terlambat melakukan pembayaran. 2,95% dari 10 juta adalah Rp295.000,-. Jadi, jika Anda terlambat melakukan pembayaran tagihan, beban yang dikenakan pada Anda adalah Rp10.695.000,-.

Nah, lumayan besar kan? Sekarang setelah Anda mengetahui biaya dan bunga tarik tunai kartu kredit BNI yang dibebankan pada Anda, apakah Anda tertarik untuk melakukan penarikan tunai lagi? Jelas tidak, kan? Kecuali bila ada hal mendesak yang mengharuskan Anda melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.