KTA Tanpa Kartu Kredit : Cara Mudah Mendapatkannya

ajukan kta tanpa kartu kredit

Dewasa ini, pilihan alternatif pemecahan masalah ekonomi tersebar begitu luas. Salah satunya berkat kehadiran KTA tanpa kartu kredit Tunaiku. Bagi kelas menengah ke bawah, hampir tidak ada yang pakai kartu kredit. Padahal kebutuhan finansial selalu ada tiap hari. Sebelum bahas KTA Tunaiku, kita bahas dulu definisi KTA serta kartu kredit.

Apa Sih KTA Itu?

KTA memiliki kepanjangan sebagai Kredit Tanpa Agunan. Dalam hal ini, maka Anda tidak perlu lagi menyertakan jaminan seperti surat tanah, BPKB, dan sebagainya ketika hendak pinjam. Cukup bermodalkan KTP, identitas diri, dan integritas sebagai pribadi yang jujur serta bertanggung jawab. Tanpa harus pinjam ke tetangga, sudah bisa pinjam sendiri.

website aplikasi pinjaman online

KTA zaman sekarang serba canggih. Buat Anda yang memiliki smartphone atau minimal HP dengan sistem operasi Android, sudah bisa mengajukan KTA tanpa kartu kredit. Tanpa harus repot mengantre ke bank hanya untuk mendapatkan suntikan dana segar. Hanya perlu mengisi formulir yang ada di website atau aplikasi dari Tunaiku (opsi kedua yang terbaik).

Keunggulan KTA

Dibandingkan dengan kredit lain, maka KTA memiliki keunggulan dalam hal proses pencairan. Dikarenakan tidak menyediakan survei serta tanda tangan kontrak secara luring, kurang lebih dalam 3 hari sudah masuk rekening jika proses berjalan lancar. Tentu sangat menguntungkan apabila Anda saat itu memiliki kebutuhan mendesak.

Memang sih dari segi bunga, KTA tanpa kartu kredit mematok persentase yang lebih tinggi dari bank konvensional. Namun dari segi praktis, KTA jauh lebih unggul. Toh kalau dihitung-hitung, selisih antara bunga KTA Tunaiku dengan bunga bank konvensional tidak terlalu jauh. Di Tunaiku, biaya bunganya flat 3% per bulan.

Tujuan Peminjaman

Meskipun Anda dibebaskan dari jaminan, namun perihal penggunaan dananya harus dijelaskan. Untuk itu, Tunaiku membuat beberapa pilihan dan kolom agar diisi berdasarkan kebutuhan Anda. Berhubung komunikasi yang terjalin hanya via daring, kepercayaan yang bersifat individual sangat ditonjolkan.

Jangka Waktu Pengembalian

Tapi dari segi persyaratan, KTA tanpa kartu kredit jauh lebih ringan ketimbang pinjaman dengan kartu kredit. Tidak seperti KTA lainnya, di Tunaiku tenornya cukup lama, yakni antara 6 bulan sampai dengan 20 bulan. Di luar Tunaiku, bahkan ada yang hanya memberikan tenor atau tenggat waktu pelunasan pinjaman kurang dari sebulan.

Manfaat KTA Tanpa Kartu Kredit

Ditinjau dari segi manfaatnya, KTA tanpa kartu kredit dihitung sebagai proses atau media saja. Sedangkan dana yang dicairkan bersifat universal. Oleh karena itu, penggunaannya pun sangat luas. Bisa digunakan untuk merenovasi rumah, membayar uang kuliah, jalan-jalan, dan lainnya. Di antara KTA lainnya, Tunaiku memberikan risiko yang paling kecil.

Terlambat Membayar

Misalnya saja ketika Anda terlambat membayar. Tunaiku tidak langsung memberikan penilaian buruk. Akan tetapi ada semacam penalti berupa denda keterlambatan 100 ribu Rupiah dan tambahan sedikit bunga. Kalau sudah dipenuhi, pinjaman berikutnya pun berjalan secara normal. Jadi Anda tidak akan mendapatkan catatan buruk di rapor BI.

Apa Sih Kartu Kredit Itu?

Penggunaan kartu kredit cukup luas di Indonesia. Sayangnya tidak seperti KTA tanpa kartu kredit. Penggunaan kartu ini lebih diprioritaskan untuk kalangan atas. Secara teknis, kartu kredit itu tidak jauh berbeda dengan kartu ATM maupun kartu debet. Sampai sekarang, jumlah kartu kredit yang digunakan sudah mencapai lebih dari 18 juta unit.

Bentuk kartu kredit sendiri menggunakan bahan dari plastik yang diterbitkan pihak perusahaan pengelola maupun bank. Kartu tersebut digunakan sebagai alat pembayaran. Penarikannya dibatasi oleh penerbit kartu kredit. Perlu Anda ketahui, bahwa KTA tanpa kartu kredit memiliki risiko gagal bayar yang lebih kecil ketimbang pakai kartu kredit.

Dengan fakta tersebut, maka tidak heran kalau sebagian besar penerbit mematok bunga bulanan yang cukup tinggi. Tujuannya untuk menutup risiko gagal bayar itu tadi. Kira-kira 3,95% per bulan. Ditambah lagi dengan denda keterlambatan kalau ada. Saat ini, penerbit kartu kredit di Indonesia terhitung sebanyak 24 perusahaan.

Penerbit Kartu Kredit

Perihal kartu kredit, ada 5 pihak yang terlibat. Pertama, pemegang kartu yang berarti pemilik sah atas kartu tersebut. Jika Anda yang memiliki, maka punya wewenang untuk memberi kuasa kepada pasangan, maupun orang lain untuk memegang kartu tambahan. Jadi, fungsinya beralih sebagai kartu induk yang memfasilitasi kebutuhan belanja atau transaksi.

Kedua, pihak penerbit atau lembaga yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Ketiga, jaringan atau organisasi. Pihak jaringan ini berfungsi sebagai penengah atau penghubung antara penerbit dengan merchant (wiraniaga). Keempat, merchant acquirer atau perbankan yang memproses setiap transaksi. Kelima, merchant yang terdiri dari restoran, toko, dan lain-lain.

Kategori Kartu Kredit

Sedangkan berdasarkan pilihan dan jenisnya, kartu kredit terbagi menjadi beberapa kategori. Inilah kenapa setiap pemegang kartu kredit bisa saja punya lebih dari 5 kartu. Tidak seperti KTA tanpa kartu kredit yang hanya butuh satu aplikasi untuk mengajukan serta mengetahui informasi terkait pinjaman online.

Berdasarkan jenisnya, ada kartu kredit reguler yang biasanya dibagi menjadi classic platinum, titanium, serta gold. Lalu ada kartu kredit korporasi yang menyasar kalangan perusahaan. Lain-lainnya ada kartu kredit affinity (untuk organisasi/institut), co-branding, serta private label.

Sedangkan jenis yang didasarkan pada spesialisasi kebutuhan, ada lagi. Mulai dari kartu kredit untuk travel atau jalan-jalan hingga kartu kredit premium. Banyak juga, ya.

Bunga Kartu Kredit

Tahukah Anda perhitungan bunga untuk kepemilikan kartu kredit? Pastinya lebih tinggi ketimbang KTA tanpa kartu kredit dari Tunaiku yang sudah ditetapkan 3% per tahun dengan jenis flat.

Perhitungannya berasal dari rumus berikut: [suku bunga per tahun (%) x saldo harian] : 365 hari. Jumlah suku bunga tersebut amat dipengaruhi oleh total bunga yang ada di Bank Indonesia. Jadi, tahun ini nilainya sekian, maka tahun depan bisa berbeda. Bisa lebih rendah ataupun lebih tinggi. Lebih kompleks daripada KTA tanpa kartu kredit dari Tunaiku.

Soalnya Anda wajib menyimak perkembangan bunga yang ada di Bank Indonesia secara real-time. Minimal update per bulannya. Misalkan Anda memiliki tagihan kartu kredit sebanyak 1 juta Rupiah. Suku bunganya 2,95%. Maka total suku bunga per tahunnya adalah 35,4%. Jika dihitung berdasarkan rumus tersebut, akan didapati bunga 29 ribu per bulan.

Persyaratan Kartu Kredit

Perlu diketahui pula, bahwa setiap calon nasabah, untuk memperoleh kartu kredit tersebut harus punya gaji minimal 3 juta Rupiah per bulan. Kalau di KTA tanpa kartu kredit cukup minimal 2 juta Rupiah sudah cair. Sebelum ditetapkan sebagai pemegang kartu, Anda wajib lulus syarat berdasarkan survei yang dilakukan oleh penerbit.

Tingginya suku bunga serta berbagai persyaratan yang cukup sulit menjadikan kartu kredit hanya dinikmati kalangan atas saja. Meskipun bisa ambil limit hingga ratusan juta Rupiah, kalangan menengah ke bawah hanya bisa melihat saja. Sedangkan di KTA tanpa kartu kredit Tunaiku, syaratnya mudah dan bisa ajukan hingga 20 juta Rupiah.

Apa Keunggulan KTA Dibandingkan dengan Kartu Kredit?

Jika dicermati, dari uraian tadi sudah sedikit menyinggung tentang keunggulan KTA tanpa kartu kredit Tunaiku. Tapi belum semuanya. Dengan suku bunga tetap per masa kontrak dan kemudahan lainnya, KTA Tunaiku pun jadi sangat ramah terhadap nasabah dari berbagai kalangan. Tidak seperti kartu kredit yang suku bunganya bisa berubah dalam tiap periode.

Dibandingkan dengan KTA tanpa kartu kredit, keberadaan kartu kredit lebih mudah diakses pihak tidak bertanggungjawab. Upaya pembobolan, pencurian, hingga penyalahgunaan bisa terjadi kapan saja. Sedangkan untuk KTA Tunaiku dijamin aman 100%. Penyalahgunaan hanya terjadi jika nasabah yang ceroboh, bukan dari pihak Tunaiku.

Soalnya setiap transaksi yang berjalan di Tunaiku selalu diawasi oleh OJK dan Amar Bank (sebagai bank induk). Disamping itu, pengawalan lebih ketat terjadi di lini pembaruan informasi terkait identitas diri. Soalnya beberapa waktu lalu, KTA tanpa kartu kredit Tunaiku menggandeng Dukcapil yang notabene sebagai wakil dari pihak pemerintah.

Pencairan KTA Tunaiku

Di Tunaiku, pinjaman yang sudah disetujui dan cair, langsung masuk ke rekening Anda secara otomatis. Dengan kata lain, uang yang berada di rekening bisa langsung diambil secara tunai. Kalau lewat kartu kredit, uang yang masuk hanya kompatibel ketika digunakan sebagai pengganti uang tunai.

Biaya KTA Tunaiku

Soalnya kalau diambil secara tunai, terdapat biaya tambahan (bunga) yang cukup tinggi. Sedangkan di KTA tanpa kartu kredit Tunaiku tidak ada biaya tambahan sama sekali saat dana cair. Biaya provisi tersebut betul-betul nol. Begitu pula ketika Anda hendak melakukan pelunasan pinjaman lebih awal dari tenggat waktu yang sudah dijadwalkan.

KTA tanpa kartu kredit Tunaiku hanya memberlakukan biaya administrasi di awal pengajuan. Perihal bonus, Tunaiku membuat program khusus bernama Tunaiku Referral. Tugas Anda hanya menyebarkan kode referral dari KTA tanpa kartu kredit Tunaiku kepada calon nasabah. Per pengajuan yang diterima akan membuahkan insentif dana.

Besarnya kisaran antara 20 ribu Rupiah hingga 200 ribu Rupiah. Semakin banyak Anda merekrut calon nasabah Tunaiku, tentu semakin besar total insentif dana yang didapatkan. Dana tambahan tersebut boleh Anda cairkan ataupun dipakai untuk memotong cicilan per bulan. Proses pencairannya ada pada tanggal 5 tiap-tiap bulan.

Pendaftaran KTA Tunaiku

Proses pendaftarannya hampir sama dengan daftar KTA tanpa kartu kredit. Kalau KTA tanpa kartu kredit itu afdalnya lewat aplikasi. Sedangkan untuk Tunaiku Referral bagusnya lewat website resmi. Di sana nanti akan ada beberapa pilihan. Masing-masing besaran insentif dana maksimal tentu memiliki syarat yang berbeda-beda.

Bagaimana jika lebih dari 3 hari dana KTA tanpa kartu kredit yang diajukan belum cair? Segera saja hubungi pihak Tunaiku lewat e-mail, inbox yang ada di Facebook, maupun kontak yang terlampir di aplikasi. Pastikan Anda menghubungi pihak Tunaiku di jam-jam kerja biar langsung ditanggapi.

Keunggulan KTA Tunaiku

Tidak hanya untuk yang berstatus sebagai karyawan maupun pegawai, KTA tanpa kartu kredit juga boleh dinikmati kalangan yang lebih longgar. Misalnya untuk ibu rumah tangga maupun pihak yang bekerja di bidang UMKM. Jika Anda memiliki profesi di antara keduanya, silakan saja bila ingin mengajukan KTA tanpa kartu kredit.

Keunggulan lain dari KTA tanpa kartu kredit lainnya adalah tidak wajib memiliki rekening. Kebijakan tersebut diadakan demi menyasar kalangan yang lebih luas. Mengingat sebagian besar penduduk Indonesia belum memiliki rekening aktif. Metode pembayarannya bisa lewat rekening milik orang tua atau bisa juga lewat teller bank terdekat langsung.

KTA tanpa kartu kredit telah membuka banyak mata terkait pinjaman online. Dulu, nama pinjaman online masih begitu asing. Bahkan diragukan keberadaannya. Sekarang, Tunaiku sudah masuk garda depan terkait pinjaman online unggulan di Indonesia. Hingga menjelang akhir 2018, jumlah nasabahnya saja sudah lebih dari 120 ribu.

pinjaman modal ktp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.