Pusing Cari Pinjaman Tunai Online? Ini Alternatifnya

pusing cari pinjaman tunai online

kalkulasi pinjaman tunai onlineSering mendapati diri Anda dalam situasi membutuhkan pinjaman tunai online? Rasa kesal dan dag-dig-dug pasti bercampur aduk jadi satu, apalagi jika kondisinya mendadak.
Mau pinjam tunai ke teman, takutnya malah jadi hubungan tidak enak karena persoalan diberikan tidaknya pinjaman. Resiko merusak hubungan pertemanan juga rentan terjadi kala mengurusi urusan penagihan atau pembayaran kembali.

Daripada pusing dan makin stres memikirkan itu, lebih baik Anda mencari alternatif pinjaman yang lebih pasti. Tidak hanya pinjaman tunai online dan dari teman yang bisa menjadi solusi masalah, Anda juga bisa ajukan pinjaman uang dari sumber-sumber perbandingan berikut.

1. Pinjaman Tunai Online v.s Pinjaman Kantor

Bagi Anda karyawan yang berkarya di kantor, perbandingan ini lumayan cocok. Jika melalui pinjaman tunai online, Anda diharuskan melampirkan data diri lengkap, slip gaji dan alamat kantor untuk mengajukan pinjaman. Suku bunga pinjaman tunai online juga termasuk lebih tinggi karena ada resiko pinjaman yang harus ditanggung.

Bila Anda meminjam melalui pinjaman kantor, cukup memulai dengan melampirkan surat permohonan pinjaman tunai ke divisi keuangan perusahaan. Alternatif sumber ini tergolong mudah, karena selain tanpa agunan, perusahaan juga sudah mengenal dan mengetahui latar belakang Anda. Bermodalkan status pegawai di kantor, Anda bisa mendapatkan dana dengan suku bunga minim atau bahkan tanpa bunga sama sekali. Lumayan kan, dibanding jika harus mengajukan pinjaman tunai online.

2. Pinjaman Tunai Online v.s Tarik Tunai Kartu Kredit

Terkadang kita takut menggunakan fasilitas tarik tunai (cash advance) yang tersedia di kartu kredit. Takut kebablasan dan terjerat hutang kartu kredit yang menumpuk. Padahal jika benar-benar dalam kondisi terdesak, fasilitas ini sangat membantu kita yang butuh uang cepat.

Jika kita mampu disiplin dan melunasi pinjaman kartu kredit sebelum jatuh tempo di bulan berikutnya, sebenarnya akan lebih ringan dibanding jika mengambil pinjaman tunai online.

Misalnya, kita menarik tunai dari kartu kredit sebesar Rp. 2.000.000 bulan ini. Bunga dan biaya administrasi sekitar 3% dari total pinjaman. Maka yang perlu kita bayarkan bulan depan adalah sebesar Rp. 2.060.000.

Yang diperlukan adalah komitmen untuk membayar penuh pada tagihan bulan depan. Karena dengan begitu biaya yang kita bayarkan hanya bunga dan biaya administrasi ringan.

3. Pinjaman Tunai Online v.s Gadai Barang

Pilihan lain yang cukup membantu adalah jasa pegadaian. Anda bisa menggadaikan harta milik kepada lembaga pegadaian pemerintah ataupun swasta. Umumnya jasa pegadaian sangat aman sehingga tidak perlu khawatir akan kehilangan barang yang digadaikan. Gadai barang nantinya akan digantikan dengan pinjaman dana tunai dengan suku bunga pinjaman terjangkau.

Yang perlu dilakukan adalah membawa berharga Anda ke jasa gadai terdekat. Kemudian pihak pegadaian akan menaksir harga barang, dan berapa persen yang bisa dicairkan sebagai pinjaman Anda.

Umumnya suku bunga yang dikenakan Pegadaian pemerintah sekitar 0,75-1,25 persen untuk jangka waktu 15 hari dan berlaku kelipatannya. Tenor pelunasan bmaksimalnya bisa maksimal 4 bulan. Bisa kamu cek di situs Pegadaian, di bagian menu Produk Utama. Bunga yang dikenakan pegadaian swasta biasanya lebih tinggi, bisa 5 persen untuk rentang waktu 15 hari ke bawah.

Buat Anda yang butuh dana cepat, ini bisa menjadi alternatif yang lebih cocok dibandingkan mencari pinjaman tunai online.

4. Pinjaman Tunai Online v.s Koperasi Simpan Pinjam

Lembaga keuangan bukan bank yang satu ini sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia. Disini layaknya pegadaian, Anda harus menyerahkan agunan tertentu seperti surat BPKB untuk bisa mendapatkan pinjaman tunai cepat.

Berbeda dengan layanan gadai barang yang sifatnya terbuka untuk semua orang, di koperasi simpan pinjam hanya khusus untuk anggotanya. Jadi Anda harus masuk keanggotaan terlebih dulu atau memang sudah menjadi anggota koperasi tersebut.

Begitupun, Anda bisa mencari dan memilih koperasi simpan pinjam terdekat yang memiliki reputasi baik. Prapengajuan pinjaman tunai cepat, Anda akan diminta untuk mendaftar sebagai anggota. Kemudian, Anda harus membayar simpanan pokok, wajib dan sukarela dulu sebelum bisa meminjam dana disana. Memang, proses pengajuan pinjamannya agak lebih panjang dibandingkan sumber lain.

5. Bank Penyedia Pinjaman Tunai Online

pinjaman tunai online terpercayaIni dia nih sumber pinjaman tunai yang paling dipercaya masyarakat Indonesia. Sebagai bank mungkin prosedur yang dibutuhkan akan memakan waktu sedikit lebih lama dari sumber lain. Namun suku bunganya cukup bersaing dan sifatnya tanpa jaminan.

Bank menerapkan suku bunga yang terjangkau dengan jumlah pinjaman dan tenor yang beragam. Contohnya pinjaman tunai online di Tunaiku, menawarkan dana 2-20 juta Rupiah dengan jangka waktu pelunasan hingga 20 bulan. Memang bank sebagai lembaga keuangan mampu memberikan nominal pinjaman yang cukup besar.

Buat Anda yang butuh pinjaman tunai online dalam waktu dekat, segeralah ajukan dari sekarang agar waktu cairnya lebih cepat. Untuk jalur cepat, contohnya bisa menggunakan aplikasi pinjaman tunai online Tunaiku dari Amar Bank.

 

Summary
Article Name
Pusing Cari Pinjaman Tunai Online? Ini Alternatifnya
Description
Susah dapatkan pinjaman tunai online? Masih ada banyak alternatif sumber dana cepat lain yang bisa bantu kok. Simak apa saja pilihannya disini.
Author
Publisher Name
PinjamanInstan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.