Kapital Boost, Crowdfunding Syariah Indonesia

Kapital Boost, Crowdfunding Syariah Indonesia

Kapital Boost adalah situs crowdfunding syariah Indonesia yang bertujuan mengatasi ketiadaan pembiayaan bagi usaha kecil di Asia Tenggara. Dari banyak situs crowdfunding Indonesia, mungkin hanya Kapital Boost yang menawarkan jaminan sistem syariah sekaligus fokus pada peningkatan perekonomian melalui usaha kecil. Pada prinsipnya, Kapital Boost adalah layanan crowdfunding Peer to Peer (P2P) islami untuk UKM.

Pola syariah yang ditawarkan tentunya menjadi oase di tengah langkanya investasi berbasis Islam yang cocok dengan gaya hidup kalangan tertentu. Pengguna Kapital Boost akan membantu pemilik usaha membeli barang dan modal untuk pengembangan usaha dan mendapatkan imbal dalam kontrak jangka pendek bersistem syariah. Selain itu, tentunya ada amal baik yang bisa diterima dengan ikut membantu usaha ini. Bukan tidak mungkin ini juga akan memberi manfaat pada hari akhir kelak.

website aplikasi pinjaman online

Apa Saja Keunggulannya?

Sebagai jaminan, crowdfunding model Kapital Boost sebelumnya sudah mendapatkan sertifikat syariah dari the Financial Shariah Advisory & Consultancy (FSAC), anak usaha konsultasi Pergas Investment Holdings di Singapura. Selain unsur syariahnya yang terjamin, Kapital Boost juga memiliki keunggulan dalam banyak hal lainnya. Pertama, proses persetujuan untuk pengajuannya cepat dan sederhana. Kedua, biaya pendanaannya bersaing serta meningkatkan paparan usaha. Ketiga, semua dilakukan dengan transparan alias tanpa biaya yang tersembunyi dan menghasilkan imbal menarik dalam jangka pendek.

Apa Saja Jenisnya?

Untuk pendanaan massif bagi UKM, Kapital Boost menawarkan dua jenis dana yakni Pembelian Aset dan Anjak Piutang serta berdasarkan struktur Murabahah, biaya ditambah keuntungan, dan Wakalah bil Ujrah dengan Qard, agen dan pinjaman berbayar. Pendanaan dengan pembelian aset untuk mengumpulkan dana bagi pembelian barang dan modal sedangkan anjak piutang menawarkan fleksibilitas dalam penggunaan dana karena memberikan uang muka kepada UKM berdasarkan piutang yang ada. Keduanya merupakan pendanaan jangka pendek, dengan rentang maksimal 12 bulan.

Ini Dia Syaratnya

Syarat mendapatkan crowdfunding dari Kapital Boost juga mudah. Usaha yang didanai minimal berusia satu tahu dengan cash flow yang positif. Adanya work order yang sedang berlangsung dari pelanggan untuk Pendanaan Pembelian Aset dan invoice yang belum dibayar dari pelanggan untuk Anjak Piutang. Jumlah pendanaan yang bisa didapatkan UKM ini juga cukup besar hingga Rp1,5 miliar untuk pembelian aset dan 85% dari nilai faktur untuk inovoice. Jumlah ini bahkan bisa terus meningkat dengan menggunakan beberapa faktur dalam satu waktu.

Susahkah Prosesnya?

Proses pengajuannya juga singkat, hanya dalam lima hari maka Kapital Boost akan merespon pengajuan Anda. Setelah itu, kampanye crowdfunding bisa mulai dilakukan dan didapatkan dalam waktu satu sampai 30 hari. Meski demikian, pendanaan di Kapital Boost mengharuskan direksi atau pemegang saham usaha yang bersangkutan untuk menandatangani jaminan pribadi atas pembiayaan tersebut. Harus disertakan pula surat – surat berharga lainnya tergantung pada profil risiko bisnis UKM.

Biaya Administrasi

Dalam mendapatkan kampanye crowdfunding di Kapital Boost maka akan dikenakan biaya administratif sebesar 5% dari total nilai pendanaan yang didapatkan. Jika kampanye yang dilakukan gagal maka tetap dikenakan biaya sebesar Rp670.000 atau $50 untuk menutupi biaya administrasi Kapital Boost. Sementara margin laba atas penjualan aset akan ditentukan oleh Kapital Boost dengan persetujuan dari pemilik usaha dan akan bergantung kepada periode pelunasan dan profil risiko usaha tersebut.

Sekali lagi, memanfaatkan Kapital Boost memiliki banyak keuntungan dibandingkan menggunakan penyedia dana non bank lainnya. Biaya pendanaannya lebih rendah, tingkat persetujuan lebih tinggi, keperluan administratif lebih sedikit, dan ketentuannya tidak memberatkan. Sesuai jargonnya, mekanisme Kapital Boost juga sesuai dengan prinsip syariah. Tentunya jauh lebih etis dengan pembagian risiko dan hasil antara usaha dan pemodal.

pinjaman modal ktp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *