Pinjam Uang Online Cepat Cair : 13 Pertimbangannya

butuh pinjam uang online cepat

Tingginya animo masyarakat terhadap layanan pinjam uang online cepat cair, jangan sampai membuat kita jadi gegabah. Betul jika saat ini penyedia pinjaman online tersebut sudah banyak dan beredar luas.

Sampai ada yang membuka kantor cabang di belasan wilayah. Namun 13 hal ini wajib Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum ambil.

1. Memiliki Kebutuhan, Bukan Sekadar Gaya

Ketika mau pinjam uang online cepat cair, pastikan bahwa Anda betul-betul membutuhkannya. Ketika pinjaman didasari oleh kebutuhan, maka hati lebih termotivasi saat mengangsur setiap bulan.

Kalau hanya sekadar gaya atau ikut-ikutan, berat rasanya ketika mau melunasi. Mungkin ada yang bertanya, apakah jalan-jalan termasuk kebutuhan?

Bisa saja. Oleh karena itu, tempat untuk pinjam uang online cepat cair seperti Tunaiku pun memberi opsi penggunaan untuk jalan-jalan.

Siapa tahu pada saat itu Anda punya janji mau mengajak jalan-jalan orang tua/anak/istri ke tempat wisata usai diangkat jadi karyawan tetap. Bagaimana pun, janji yang telah terucap perlu diusahakan semaksimal mungkin.

Meskipun pinjam uang online cepat cair itu terkesan longgar, tetapi sebetulnya sangat mengikat. Dengan menyerahkan identitas pribadi, tuntutan tanggung jawab besar ada pada pundak Anda.

Kepercayaan besar yang diberikan oleh pihak penyedia pinjaman online wajib Anda emban betul-betul. Terutama ketika mengajukan pinjaman tanpa jaminan.

2. Mengetahui Betul Syarat-syaratnya

Fatal jika mau pinjam uang online cepat, tapi tidak tahu syaratnya. Nanti bisa-bisa kena jebakan rentenir online. Mengingat makin hari, makin variatif jebakannya.

Pinjaman online yang legal dan valid selalu memiliki beberapa syarat. Bukan hanya sekadar pakai KTP saja. Contohnya di Tunaiku. Persyaratan terkait identitas diri saja akan diperiksa oleh Dukcapil.

Sebagai pionir atas pinjaman online, Tunaiku pun meluncurkan aplikasi pada tahun 2017. Saat ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna.

Informasi terkait syarat pinjam uang online cepat cair sudah dikonversi menjadi beberapa langkah praktis lewat tombol. Anda hanya perlu mengisi formulir online dan melampirkan sejumlah persyaratannya. Beres.

Syarat yang ada di Tunaiku tergolong mudah dibanding penyedia pinjaman online lainnya. Tanpa jaminan apa-apa, Anda sudah bisa mendapatkan dana cair dari Tunaiku.

Asalkan Anda berumur minimal 21 tahun dan jujur dalam mengisi setiap identitas pribadi, pencairan dana pun bisa didapatkan. Tentu dengan catatan memiliki riwayat baik pada kredit sebelumnya.

3. Reputasi Penyedia Pinjam Uang Online Cepat

Pinjam uang online cepat dan aman harus menjadi pertimbangan Anda selanjutnya. Saat ini, reputasi bisa saja dibangun dengan cara-cara palsu.

Misalnya dengan memperbanyak jumlah testimoni yang ada pada aplikasi maupun website. Testimoni semacam itu bisa saja dibeli. Makanya, jangan mudah melabeli reputasi dari testimoni semata.

Berhubung tentang pinjam uang online cepat, maka cara mengetahui reputasinya tentu dengan mengeceknya di lembaga keuangan negara. Salah satu yang berwenang adalah OJK.

Kalau tidak diawasi oleh OJK, sudah dapat dipastikan kalau penyedia pinjaman online tersebut ilegal. Cukup ini saja untuk tahu seberapa baik reputasi pinjaman online tersebut.

Kabar tentang fintech ilegal biasanya juga sudah diliput oleh media mainstream. Soalnya OJK merupakan lembaga atau badan resmi dari pemerintah.

Maka, segala hal terkait penipuan berkedok pinjaman online wajib dikabarkan ke khalayak biar tidak ada yang terjerat.

4. Memiliki Kemampuan Finansial

Ingin pinjam uang online cepat cair, tapi belum memenuhi syarat dari segi kemampuan finansial, maka sama dengan bunuh diri. Terutama ketika pinjaman online tersebut mewajibkan ada agunan sebagai syarat pencairan dana.

Risikonya besar. Sejumlah fasilitator pinjaman online memang membatasi nasabah yang berpenghasilan tertentu.

Salah satunya adalah Tunaiku. Batas minimal penghasilan bulanan agar dana cair adalah 2 juta Rupiah. Syarat tersebut bersifat mutlak.

Boleh dari kalangan wirausaha, ibu rumah tangga, maupun kalangan lainnya. Batas minimal diadakan agar para nasabahnya memiliki komitmen ketika hendak melunasi cicilan per bulannya sepanjang tenor yang disetujui.

5. Mengetahui Simulasi Kreditnya

Memang tidak wajib sih mengetahui simulasi kredit saat mau pinjam uang online cepat cair. Terutama kalau Anda menggunakan aplikasi saat mengajukan pinjaman tersebut.

Sebagai contoh, di Tunaiku itu sudah pakai fitur seperti container saat meng-kustom tema di website. Tinggal tarik, langsung kelihatan nominal angsuran yang harus disetor setiap bulan.

Ya, minimal untuk jaga-jaga saja. Dengan mengetahui simulasi kredit pinjaman online, maka Anda selangkah lebih maju untuk menjadi peminjam yang teliti.

Kemungkinan besar tidak akan kena tipu. Perhitungan atau simulasi kredit di masing-masing penyedia pinjaman online tentu berbeda. Baik di website maupun aplikasi, biasanya dijelaskan secara rinci.

6. Plafon Pinjam Uang Online Cepat

Masing-masing fasilitator pinjaman online tentu memiliki standar yang berbeda terkait plafon untuk nasabah. Plafon merupakan batas tertinggi pinjaman online yang diberikan.

Misalkan Anda pinjam uang online cepat cair lewat Tunaiku. Maka, plafonnya sebesar 20 juta Rupiah. Sedangkan pinjaman minimalnya senilai 2 juta Rupiah.

Setelah mengetahui plafon pinjaman tersebut, bijaklah dalam memilih sesuai dengan kemampuan finansial. Sesuaikan pula dengan kebutuhan.

Jangan sampai lebih ataupun kurang. Jadi, saat Anda mengangsur tiap bulan, tidak ada masalah yang berarti karena sudah siap lahir-batin. Apa pun konsekuensinya sudah siap bertanggung jawab.

7. Pertimbangan Tenor yang Tepat

Pelunasan atas pinjaman online juga sangat tergantung pada pemilihan tenor atau tenggat waktu untuk melunasi pinjaman.

Pertimbangkan hal ini jauh-jauh hari sebelum mulai mencari pinjam uang online cepat cair. Baik KTA maupun pinjaman yang menggunakan agunan.

Semakin singkat tenor yang dipilih, maka total biaya bunga yang harus ditanggung juga semakin rendah.

Kalau di KTA Tunaiku, tenor minimal 6 bulan, sedangkan maksimalnya 20 bulan. Apakah pinjaman online yang tenornya semakin panjang, semakin sedikit total angsuran per bulan?

Tentu saja. Jika Anda bingung saat menentukan pilihan tenor terbaik, silakan diskusikan bareng keluarga. Baik kepada istri ataupun orang tua (jika masih hidup) biar hati yakin.

8. Mengetahui Suku Bunga yang Berlaku

Setiap penyedia pinjaman uang online juga menetapkan sistem bunga yang berbeda. Ada yang menggunakan bunga efektif, bunga fixed, bunga tetap atau flat, dan lain-lain.

Jika bunga efektif, nominalnya bisa berubah dari waktu ke waktu. Sedangkan untuk bunga flat bersifat tetap sepanjang periode berlangsung.

Misalkan Anda ingin pinjam uang online cepat cair lewat Tunaiku. Maka sistem yang berlaku adalah bunga tetap.

Ketika Anda meminjam uang senilai 3 juta Rupiah plus bunga 3% per tahun. Maka total angsuran per bulannya sama dari bulan pertama hingga bulan terakhir.

Saat ini, sistem bunga tetap yang paling populer dan banyak dipilih para nasabah.

9. Pertimbangan atas Biaya Administrasi Lain

Kalau Anda sudah mengetahui plafon, suku bunga, tenor, dan hal-hal yang bersifat prinsipil, maka ketahui pula biaya administrasi lain. Kalau di Tunaiku enak.

Saat pinjam uang online cepat tersebut sudah cair, maka tidak ada biaya provisi. Kalau berdasarkan pengertian di KBBI, biaya provisi itu sama dengan upah karena dana yang diinginkan sudah cair.

Di tempat lain, belum tentu ada kebebasan seperti ini.

Contohnya saat Anda hendak menarik dana secara tunai lewat kartu kredit. Maka akan dikenakan biaya tambahan senilai 4% dari total dana yang ditarik.

Belum lagi biaya administrasi lainnya. Biaya semacam ini bersifat tambahan. Akan tetapi, wajib dipertimbangkan karena berpengaruh terhadap cicilan bulanan.

10. Mengetahui Lamanya Berdiri

Mayoritas, penyedia pinjaman online yang sudah lama malang-melintang itu sangat direkomendasikan. Meskipun Tunaiku baru berdiri sejak tahun 2014, kredibilitasnya sudah sangat kuat.

Bahkan sekarang sudah didapuk sebagai pionir di sektor pinjam uang online cepat cair. Semua itu bisa terjadi karena induk perusahaannya adalah Amar Bank.

Sebagaimana yang kita tahu, Amar Bank merupakan bank yang sudah berdiri sejak tahun 90-an.

Pusat operasinya ada Surabaya. Namun jaringan kantornya sudah berkembang luas dan siap melayani bahkan di luar wilayah Jatim dan DKI Jakarta.

Itulah kenapa meski Tunaiku tidak lagi terdaftar sebagai fintech independen di OJK, dukungan dari pemerintah tetap sangat tinggi.

11. Ulasan dari Peminjam

Kalau Anda baru pertama kali pinjam uang online cepat cair via KTA maupun non-KTA, maka poin ini wajib dipertimbangkan.

Sama halnya saat Anda ingin membeli makanan di warung. Bukankah Anda lebih suka yang populer atau yang sudah terjamin mutunya?

Ulasan tentang pinjaman online bisa Anda dapati via blog-blog maupun media mainstream. Sebagai saran, lebih baik simak ulasan dari media mainstream saja.

Baik media daring maupun media cetak. Soalnya kalau ulasan dari media tersebut sudah melalui filter dari editor.

Tidak sekali tulis langsung terpasang di website berbasis blog. Kalau untuk memperkuat informasi, silakan kunjungi blog-blog terkait penyedia pinjaman online itu.

12. Mengetahui Metode Pembayaran

Terkait pembayaran, sebetulnya sudah bisa Anda simak lewat laman situs resmi penyedia pinjaman online tersebut.

Kalau membutuhkan data yang lebih valid, bisa hubungi via customer service atau call center saat jam kerja berlangsung. Pilih yang memiliki metode pembayaran variatif dan mudah dijangkau.

Contohnya yang ada di Tunaiku. Tanpa memiliki rekening atau akun bank, Anda pun sudah bisa bayar. Pembayarannya tidak terbatas via ATM.

Boleh pakai port pembayaran lain yang sesuai dengan kebijakan Tunaiku. Kalau mau yang cepat dan tepat tanpa lalai, bisa pakai sistem autodebet.

Begitu pun ketika Anda pinjam uang online cepat cair di tempat lain.

13. Ketika Pengajuan Tidak Kunjung Disetujui

Hal-hal seperti ini bisa saja terjadi. Berhubung Anda sudah pinjam uang online cepat cair, mau tidak mau harus mendapat kepastian. Jangan sampai ketika belum kunjung disetujui, justru ditinggal begitu saja.

Apalagi kalau sampai buru-buru mengajukan pinjaman online ke tempat lain. Kalau tiba-tiba disetujui saat Anda mengikat kontrak di tempat lain, bagaimana?

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, hubungi langsung pihak customer service atau call center. Begitu pula ketika Anda sudah pinjam uang online cepat cair via Tunaiku.

Di sana kan tertera, bahwa dana cair maksimal dalam 3 hari. Kalau lebih dari 3 hari, maka langsung laporkan saja ke call center untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Kesimpulan

Setidaknya, ke-13 pertimbangan di atas sudah cukup ketika niat mau pinjam uang online cepat cair sudah bulat. Kalau mengikuti arahan tersebut betul-betul, dijamin selamat.

Mengapa Tunaiku berkali-kali disebutkan dan direkomendasikan? Sama seperti film atau produk bagus dan aman, bukankah Anda juga ingin kabar-kabar darinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.