Pinjaman Dana Cepat : 7 Cara Dapatkannya

dapat pinjaman dana cepat waktu singkat

Cepat itu relatif. Pinjaman dana cepat ada karena perbandingan demi perbandingan. Ada yang bisa cair dalam waktu kurang dari 3 hari. Ada pula yang dalam kurun waktu seminggu.

Namun semua alternatif tersebut bermuara pada satu hal, yakni kebutuhan Anda lekas terpenuhi. Berikut 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk dapatkan pinjaman secara cepat.

1. Pinjaman Dana lewat Tarik Tunai Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit di Indonesia tergolong tinggi, meskipun rata-rata berasal dari kalangan menengah atas. Dari segi fungsinya, dengan adanya kartu kredit memang bisa mempermudah urusan transaksi.

Tinggal gesek, kebutuhan pun terpenuhi. Acapkali kebutuhan tersebut berupa belanjaan sehari-hari yang ada di toko-toko besar.

Nah, salah satu fungsi praktis pinjaman dana cepat kartu kredit itu terdapat fitur tarik tunai. Akan tetapi, persentase yang melakukannya cukup jarang.

Soalnya dari awal dibuat memang hanya untuk memenuhi kebutuhan belanja. Meskipun prosesnya cukup mudah, yakni hanya lewat ATM, tetapi terdapat kendala yang perlu Anda perhatikan.

Setiap kali Anda melakukan penarikan uang tunai lewat kartu kredit, secara otomatis langsung dikenakan biaya dari pihak bank penerbit. Berapa pun nominalnya. Semuanya tergantung dari pihak penerbit.

Kalau saat ini, perhitungan biaya penarikan itu sebesar 50 ribu Rupiah. Kalau tidak, biayanya senilai 4% dari jumlah dana yang ditarik.

Semakin besar jumlah dana yang ditarik, logikanya biaya yang ditanggung juga lebih besar. Oleh karena itu, meski cara ini termasuk pinjaman dana cepat, namun tidak disarankan untuk dilakukan.

Ketika hendak melakukan penarikan tunai, limit kredit harus mencukupi. Rata-rata, batas atau limit penarikan tunai hanya 40% sampai 60% dari limit kreditnya.

Pemanfaatan atas fitur penarikan tunai untuk pinjaman dana cepat hanya disarankan untuk beberapa kondisi darurat saja. Pertama, saat terjadi kecelakaan yang membutuhkan perawatan instan karena tidak terlindungi oleh asuransi.

Kedua, saat hendak menemui keluarga di tempat jauh yang tengah alami kesulitan. Ketiga, saat terkena musibah seperti gempa.

2. Pinjaman lewat KTA Online

Pinjaman dana cepat berikutnya berkaitan erat dengan kelangsungan teknologi akhir-akhir ini. Sekarang, siapa pun bisa pinjam uang online meskipun alamat antara perusahaan fintech dengan nasabah terpaut jauh.

Keduanya cuma perlu dihubungkan lewat akses internet. Baik melalui website maupun aplikasi. Rata-rata pinjaman yang seperti ini bisa cair kurang dari seminggu.

KTA online itu sama dengan KTA offline. Sama-sama tidak menggunakan jaminan. Bedanya, kalau mengajukan pinjaman dana cepat lewat KTA online, Anda tidak perlu lagi mengantre di bank.

Cukup dengan modal HP Android dan identitas diri yang valid. Maka dana pun bisa cair dalam waktu cepat. Meski rata-rata pakai bunga tinggi, tapi ada yang bunganya rendah.

Perihal pinjaman dana cepat yang paling direkomendasikan, kita ambil contoh saja Tunaiku yang dinaungi oleh Amar Bank. Di Tunaiku, proses pencairan dananya tidak lebih dari 3 hari.

Bahkan bisa lebih cepat ketika Anda sudah pernah meminjam dana segar di Tunaiku. Cepatnya waktu pencairan tersebut karena Tunaiku selalu berinovasi di berbagai lini prosesnya.

Salah satu yang paling kentara ada pada tahapan “tanda tangan kontrak”. Pada tahapan lanjut, pinjaman dana cepat di Tunaiku bisa cair tanpa harus menunggu kurir mengirim surat perjanjian kontrak antara nasabah dengan pihak perusahaan.

Berkat fitur baru “tanda tangan kontrak online” di aplikasi, dana sudah cair hanya dengan perantara HP Android saja.

Di Tunaiku, bunga pinjaman dana cepat per tahun hanya 3%. Angka persentase terkecil saat ini untuk kategori KTA online.

Meskipun Tunaiku baru diluncurkan pada tahun 2014, namun kredibilitasnya sudah mapan. Soalnya Tunaiku merupakan produk layanan yang dinaungi oleh Amar Bank. Dimana Amar Bank sudah eksis sejak tahun 90-an.

3. Pinjaman lewat Pembiayaan Perusahaan

Cara nomor 3 ini hanya berlaku untuk Anda yang saat ini berprofesi sebagai karyawan. Pinjaman yang diberikan oleh perusahaan diadakan sebagai bukti loyalitas Anda ketika berkontribusi di bidang terkait.

Bentuknya macam-macam. Salah satu yang paling populer adalah pinjaman dana cepat dalam bentuk leasing.

Leasing merupakan bentuk pinjaman dana cepat yang ditujukan untuk pembelian kendaraan. Misalnya motor, mobil, ataupun kendaraan lainnya.

Akan tetapi, dana yang Anda dapatkan juga bisa dalam bentuk tunai. Hanya saja, terdapat syarat yang cukup mengikat, yakni harus ada surat-surat berharga yang difungsikan sebagai jaminan.

Biasanya yang mengajukan pinjaman dana cepat itu menggunakan jaminan berupa BPKB. Memang agak berat kalau dipikir-pikir.

Lebih ringan lewat KTA online di Tunaiku. Meskipun dana yang didapatkan sangat cepat via leasing, tetapi ada biaya tambahannya. Mulai dari biaya fidusia, biaya provisi, hingga biaya asuransi.

Sedangkan kalau mengajukan pinjaman dana cepat lewat Tunaiku, tidak ada biaya provisi sama sekali. Adanya biaya asuransi dari pihak leasing ditujukan untuk menghindari risiko atas kerusakan atau hilang akibat suatu hal.

Oleh karena itu, pertimbangkan betul-betul. Lakukan pinjaman lewat pembiayaan perusahaan kalau Anda sudah betul-betul mantap.

4. Meminjam Dana lewat Bank Langsung

Bisa dibilang cepat, tapi tidak secepat KTA online. Proses untuk mencairkan dana cukup berbelit-belit.

Ketika Anda hendak mengajukan pinjaman dana cepat lewat jalan ini, maka harus siap dengan jaminan atau agunan sesuai dengan persyaratan bank terkait. Nilai jaminan harus lebih tinggi dari nominal pinjaman yang Anda ajukan.

Kalau Anda tidak memiliki surat berharga, seperti SHM, BPKB, dan lainnya, jangan harap deh bisa mendapatkan dana cair lewat bank. Cara ini masih dipakai oleh bank konvensional di Indonesia.

Ketika angsuran bulanan rupanya mandek di tengah jalan, maka siap-siap saja jaminan yang Anda lampirkan melayang  disita pihak bank.

Rugi sekali kalau surat tanah yang menjadi jaminan. Masih mending BPKB yang dijadikan jaminan karena setiap tahun mengalami angka penyusutan.

Sedangkan tanah rata-rata akan mengalami kenaikan harga secara teratur. Syarat lain untuk mendapatkan uang tunai dari pinjaman dana cepat ini adalah status Anda wajib sudah menikah.

Selain itu, perwakilan dari bank akan mengunjungi rumah Anda untuk mengadakan semacam survei. Apakah Anda layak mendapatkan dana cair lewat pinjaman ini atau tidak.

Objek survei tersebut tentu saja yang berkaitan dengan jaminan sebagai syarat cairnya dana. Apakah pinjaman dana cepat lewat bank hanya yang berargunan saja?

Tentu saja tidak. Mengajukan pinjaman lewat bank, ada pilihan lain, yakni KTA. Tapi lebih populer non-KTA karena bunga yang diterapkan cukup rendah.

Berhubung pakai agunan, maka ketika agak terlambat saat membayar angsuran, denda yang diberikan cukup minim. Asalkan tidak menginjak tanggal bulan berikutnya, tidak ada denda sama sekali.

5. Mengajukan Pinjaman lewat Pegadaian

Pegadaian ini merupakan salah satu produk yang diluncurkan oleh Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Masih tergolong sebagai pinjaman dana cepat alternatif.

Namun, sesuai dengan fungsi asalnya, maka Anda wajib menggadaikan aset ataupun barang berharga sebagai jaminan. Soalnya dana yang hendak dipinjamkan berdasarkan harga barang itu.

Ya, minimal disesuaikan dengan perkiraan nominal harga barang yang Anda gadaikan. Surat berharga yang paling banyak digadaikan adalah BPKB motor.

Persyaratan pinjaman dana cepat lewat gadai BPKB memang sangat mudah dan cepat. Hanya butuh STNK dan BPKB, beres. Anda juga tidak perlu membuka rekening hanya untuk mencairkan dana tersebut.

Akan tetapi, tenor atau tenggat waktu pelunasannya sangat singkat. Rata-rata hanya 2 minggu saja.

Ketika Anda belum mampu melunasi pinjaman, maka bisa memperpanjang dengan cara membayar sewa modal. Namun sewa modal tersebut relatif tinggi. Bahkan lebih tinggi daripada suku bunga via perbankan.

Pada saat Anda hendak menggadaikan barang, maka barang berupa motor atau jaminan tersebut harus diserahkan ke pegadaian. Ketika tidak bisa melunasinya, maka sudah pasti barang tersebut menjadi hak milik pegadaian.

6. Lewat Pinjaman Koperasi Karyawan

Sama seperti leasing, pinjaman dana cepat ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berstatus sebagai karyawan atau anggota koperasi.

Proses pencairannya tergolong cepat karena antara pinjaman dengan sistem gaji Anda sudah saling terhubung. Jadi, gaji yang akan Anda dapatkan dipotong berdasarkan nominal pinjaman tersebut.

Ruang lingkup pinjaman dana cepat ini sangat terbatas. Apakah uang hasil pinjaman lewat koperasi ini bisa diserahkan kepada orang lain? Bisa saja.

Asalkan karyawan koperasi tersebut siap menanggung risiko seperti pemotongan gaji dan sebagainya. Apa saja sih syarat-syarat yang diperlukan untuk mendapatkan pinjaman ini?

Cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan fotokopi KTP. Baik KTP Anda maupun pasangan Anda dengan status sudah menikah. Lalu fotokopi KK, rekening pembayaran listrik, slip gaji, serta jaminan.

Selanjutnya, pengajuan pinjaman dana cepat harus dilengkapi dengan proposal penggunaan dana. Misal untuk cuci motor dan sebagainya.

Setelah itu, pengurus koperasi pun akan mempertimbangkan ajuan Anda. Kalau sudah disetujui, Anda akan dimintai pertanggungjawaban dengan mengisi akad pinjaman koperasi.

Isinya seputar kesepakatan untuk lama pengembalian dana yang dipinjam. Sayangnya, bagi koperasi yang masih baru tentu akan kesulitan saat ada pengajuan pinjaman seperti ini.

7. Langsung Lewat Keluarga

Pinjaman dana cepat selanjutnya juga bisa diupayakan lewat keluarga Anda secara langsung. Meskipun rata-rata tidak dikenakan bunga, tetapi ada semacam rasa “utang balas budi”.

Pinjaman yang ada pun terbatas pada kesediaan atau kerelaan anggota keluarga tersebut. Dana lebih mudah pindah-tangan ketika reputasi Anda di keluarga baik-baik saja.

Manakah yang Terbaik di antara Pinjaman Dana Cepat Tersebut?

Ketujuh jalan untuk mendapatkan pinjaman dana cepat tersebut masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Kalau merujuk pada cara-cara termutakhir, maka pilihan terbaik jatuh pada KTA online.

Ketika mengajukan pinjaman lewat KTA online, maka tidak ada rasa pamrih sama sekali. Setiap proses dilewati secara profesional dan penuh integritas.

Selain itu, produk KTA online juga memiliki kelebihan tersendiri. Misalnya pinjaman dana cepat lewat Tunaiku.

Di sana ada program yang sangat menarik ketika diikuti. Namanya Tunaiku Referral. Selama periode pinjaman masih aktif, sebagai nasabah, Anda pun bisa mengikuti program tersebut dan mengumpulkan insentif dana sebanyak mungkin.

Sebelum mengajukan pinjaman dana, sebaiknya telisik lebih dulu. Apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau hanya sekadar gaya hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.