Begini Tips Nyari Pinjaman Uang Online Terpercaya

tips cari pinjaman uang online terpercaya

cari pinjaman uang online terpercayaPinjaman uang online terpercaya sangat dibutuhkan dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dana pinjaman. Menilik perkembangan ranah teknologi finansial (tekfin) belakangan ini, semakin banyak perusahaan penyedia pinjaman berlomba-lomba menggaet nasabah, terutama dari jalur online. Tidak hanya perusahaan-perusahaan rintinsan tekfin yang bermain disini, tapi tidak sedikit perusahaan ternama Indonesia dan penyedia pinjaman tidak resmi yang ikutan nyemplung di bisnis ini.

Berbagai macam kemudahan dan jumlah pinjaman ditawarkan agar calon peminjam mau mengajukan di situs atau aplikasi mereka. Anda layak berhati-hati dalam memilih dari mana sumber pinjaman online Anda, karena tidak semua penyedia pinjaman uang online terpercaya.

4 Tips Cari Pinjaman Uang Online Terpercaya

Tentu ada perbedaan antara penyedia pinjaman uang online terpercaya dan tidak terpercaya. Bagaimana cara membedakannya? Apa saja yang harus calon peminjam perhatikan sebelum mengajukan pinjaman uang secara online? Simak tips-tips berikut ini.

#1 Periksa dulu Status Terdaftar OJK sebagai Penyedia Pinjaman Uang Online Terpercaya

Selama ini, adalah lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengawasi perkembangan bisnis tekfin di Indonesia. Oleh sebab itu, pihak penyedia pinjaman uang online terpercaya haruslah perusahaan yang paling tidak sudah terdaftar di OJK. Anda bisa melakukan pengecekan melalui laman resmi di situs OJK atau panggilan telepon ke nomor 157.

status pinjamann uang online terdaftar OJKDengan terdaftarnya perusahaan di OJK, artinya OJK sudah memeriksa kelayakan perusahaan tersebut sebagai pemain tekfin, sehingga sudah lulus satu langkah sebagai penyedia pinjaman uang online terpercaya.

#2 Periksa dulu Alamat Kantor sebagai Perusahaan Pinjaman Uang Online Terpercaya

Sebagai perusahaan penyedia pinjaman uang online terpercaya, sudah seharusnya memiliki alamat kantor resmi sebagai tempat bekerja dan menjalankan kegiatan operasional. Periksa apakah situs atau aplikasi pilihan Anda mencantumkan alamat kantor yang jelas. Karena layak diwaspadai apabila mereka tidak memiliki alamat yang jelas, bisa jadi ada unsur ilegal atau penipuan online.

#3 Periksa Sistem Keamanan Situs Resmi, sebagai Perusahaan Pinjaman Uang Online Terpercaya Wajib Punya Ini

Kunjungi situs resminya, dan cek 3 hal berikut :

  1. Pada peramban (browser) Anda apakah pada kolom teks alamat web terdapat tulisan https, atau hanya berupa http?
  2. Dan pada bagian kiri dari alamat web tersebut,  apakah terdapat gambar gembok?
  3. Jika ada gambar gembok, apakah tertulis nama perusahaan disampingnya?

tunaiku https

Tulisan https menunjukkan bahwa segala informasi yang Anda kirimkan melalui situs tersebut akan dienkripsi atau disandi, sehingga tidak bisa dibaca pihak yang tidak berhak. Gambar gembok adalah penanda sudah berlakunya fitur enkripsi atau penyandian ini. Nama perusahaan pada samping gambar gembok bukanlah sebuah keharusan, namun ini menunjukkan bahwa mereka telah berbadan hukum dan serius menjaga kerahasiaan data Anda.

Sistem keamanan ini tentunya adalah suatu keharusan bagi sebuah perusahaan untuk bisa dikatakan sebagai penyedia pinjaman uang online terpercaya, dimana kerahasiaan data nasabah sangatlah penting dan tidak boleh sampai bocor.

#4 Teliti Prosedur Pinjaman Online yang Ditawarkan

prosedur tata cara pinjaman uang onlineJika pada kegiatan jual beli dikenal istilah “teliti barang sebelum membeli”, maka pada kegiatan simpan pinjam ada istilah “teliti prosedur sebelum meminjam”. Sebagai penyedia pinjaman pinjaman uang online terpercaya, tentu harus menyampaikan informasi tata cara pengajuan pinjaman secara jelas dan transparan, yaitu mengenai persyaratan, jangka waktu, beban bunga, biaya administrasi dan keterlambatan, dan lain sebagainya.

Jangan mau terima tawaran pihak yang mengaku sebagai lembaga pinjaman uang online terpercaya, jika tata cara atau prosedurnya saja tidak jelas. Tawaran seperti itu rawan penipuan atau jeratan rentenir yang berkedok sebagai penyedia pinjaman uang online terpercaya, padahal tidak!

Kenali Ciri-Ciri Penipuan Berkedok Penyedia Pinjaman Uang Online Terpercaya

Mungkin Anda bertanya mengapa orang mau menipu agar Anda mengambil dana pinjaman mereka, kan uangnya dari mereka sampai di tangan Anda? Banyak untungnya bagi mereka, seperti data pribadi Anda, keuntungan dari beban bunga tidak wajar, hingga Anda membayar uang dulu agar pinjaman disetujui. Agar tidak lengah dan terjerat penipuan pinjaman online, kenali ciri-ciri penipu yang berkedok nawarin pinjaman uang online terpercaya berikut ini :

1. Terus Mengejar dan Merayu Agar Mengambil Pinjaman

iming-iming penipuan pinjaman uang onlineApabila pihak yang mengaku sebagai lembaga pinjaman uang online terpercaya terus menghubungi Anda dengan iming-iming, promo, diskon, atau bonus agar Anda mengajukan pinjaman uang di tempatnya, bahkan sampai cenderung memaksa Anda, tentu patut diwaspadai.

Gunakan akal sehat dan cermati fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan. Sebagai badan pinjaman uang online terpercaya tentunya sudah banyak dicari nasabah, sehingga tidak perlu lagi menawarkan potongan atau fasilitas yang berlebihan. Ujung-ujungnya akan membebani keuangan mereka sendiri.

Secara nalar, jika menurut Anda tawaran yang diberikan terlalu bagus, tundalah dulu mengambil keputusan. Coba cari tahu lebih jauh tentang pengalaman orang lain meminjam disana, bagaimana lembaga tersebut melakukan penagihan jika angsuran terlambat, dan lain sebagainya. Tujuannya agar Anda bisa memastikan terlebih dahulu, apakah mereka benar-benar lembaga pinjaman uang online terpercaya atau bukan.

2. Katanya Perusahaan Penyedia Pinjaman Uang Online Terpercaya, kok Informasinya Meragukan?

Jangan ngaku-ngaku penyedia pinjaman uang online terpercaya, kalau informasi status terdaftar di OJK saja belum punya. Jika Anda sampai terjerat masalah kredit dan diperlakukan tidak sepantasnya oleh pihak kreditur, Anda masih bisa mengadu ke OJK sebagai pengawasnya.

Banyak nformasi lain yang harus Anda cermati, baik itu tertulis di situs resmi atau melalui tawaran langsung. Misalnya soal persyaratan dan cara pengajuan, fasilitas pinjaman, bunga dan biaya lain, serta tahapan persetujuan dan pencairan pinjaman. Tidak luput juga cara menghubungi mereka sebagai pihak penyedia pinjaman uang online terpercaya, apakah mereka memiliki surel (e-mail) resmi dan nomor telepon kantor.

Jika yang dipakai adalah surel (e-mail) pribadi, nomor telepon seluler, serta informasi yang diberikan cenderung berlebihan dan tidak masuk akal sehat, maka berhati-hatilah. Sebaiknya Anda tanyakan dan pastikan kembali informasi yang terasa mengganjal. Mintalah kejelasan dan kebenaran informasi tersebut dari mereka selaku pihak penyedia pinjaman uang online terpercaya.

3. Sebagai Penyedia Pinjaman Uang Online Terpercaya, Tapi Cuek Soal Histori Kredit Peminjam

histori kredit pinjamanYang namanya mau meminjamkan uang, pasti peduli soal pengembalian uang. Dalam hal ini, pihak kreditur sebagai penyedia pinjaman uang online terpercaya tentu sudah berpengalaman memeriksa histori kredit peminjam melalui BI. Karena untuk memastikan bahwa peminjam layak diberi pinjaman uang dan mampu mengembalikan uang di kemudian hari.

Ada pihak penyedia pinjaman memberikan iming-iming pinjaman mudah, tapi tidak memerhatikan atau peduli soal riwayat pinjaman uang Anda sebelumnya. Curigalah dan waspadalah, jangan-jangan ini hanya mau menjebak Anda masuk dalam jeratan hutangnya.

4. Ngakunya Penyedia Pinjaman Uang Online Terpercaya, Malah Minta Informasi Pribadi Berlebihan

Umumnya pihak peminjam yang berstatus penyedia pinjaman uang online terpercaya, hanya meminta informasi calon peminjam yang bersifat bukan rahasia seperti informasi KTP, nomor telepon aktif yang bisa dihubungi, dan surel (e-mail) untuk dikirimi pemberitahuan dan dokumen.

data rahasia peminjam uang onlineAda pihak penyedia pinjaman sampai meminta nomor PIN (kartu ATM, kartu kredit, aplikasi mobile) atau sandi (password) akun Anda yang sifatnya rahasia. Jangan berikan dan sudahi pengajuan Anda disitu karena sudah terindikasi penipuan. Jika Anda lanjutkan karena sudah kepepet butuh dana cepat atau karena bujuk rayu mereka, maka siap-siaplah didatangi masalah nantinya.

5. Boro-boro Jasa Pinjaman Uang Online Terpercaya, Masa Minta Uang Muka Pencairan?

uang muka pinjaman onlineWong pihak peminjam sedang butuh uang, masa iya dimintai uang dulu supaya pinjaman bisa cair. Kan gak masuk akal? Oleh karena itu, jangan pernah menerima tawaran yang mensyaratkan uang muka untuk proses pencairan dan, karena sudah jelas penipuan. Biasanya, uang muka ini disamarkan sebagai biaya di muka atau biaya administrasi.

Semestinya jika ada biaya administrasi, hanyalah biaya untuk materai dan layanan sistem. Seperti ketersediaan jaringan online, penilaian kelayakan dan antar jemput dokumen, misalnya. Jadi apabila Anda sebagai calon peminjam dimintai uang berjumlah besar di muka sebagai syarat, sebaiknya batalkan saja pengajuan Anda daripada ditipu.

6. Gelagatnya Mencurigakan, Bukan Penyedia Pinjaman Uang Online Terpercaya

Perhatikan gelagat langsung maupun online dari pihak penyedia pinjaman, apakah mereka tidak bisa menunjukkan status resminya?

Secara langsung, ini bisa dilihat dari seragam, kartu nama dan identitas, dan tata krama petugas yang ditemui. Secara online, cek apakah Anda menerima surel (e-mail), SMS, telepon, chat dari sumber yang bukan resmi.

Jika benar dari perusahaan penyedia pinjaman uang online terpercaya dan resmi, pastinya serba resmi. Surel (e-mail) perusahaan dan bukan gratisan, SMS bernamakan perusahaan bukan malah nomor pribadi. Telepon kantor bukan nomor ponsel pribadi, chat dari akun media resmi perusahaan dan bukannya akun pribadi.

Misalnya, Anda menerima surel (e-mail) penawaran dari nama@gmail.com dan bukan dari nama@bankpinjaman.co.id. Pengirim seperti ini terindikasi penipuan dan bukan penyedia pinjaman uang online terpercaya.

7. Menyamar sebagai Situs Resmi Pinjaman Uang Online Terpercaya, Tapi Ternyata Phishing

phishing pinjaman onlineSelain gelagat mencurigakan di atas, Anda juga wajib mewaspadai bentuk pencurian informasi yang menggunakan situs tiruan seperti aslinya (phishing). Umumnya, situs phishing berupa formulir login yang bertujuan mencuri data informasi Anda sebagai nasabah. Hal ini bisa Anda cegah dengan tips #3 di atas, yaitu memastikan sistem keamanan situs sudah benar dan resmi.

Waspadai dan Senantiasa Periksa Sumber Pinjaman Uang Online Terpercaya

pinjaman uang online terpercayaBagi Anda yang berniat atau sedang dalam proses mencari penyedia pinjaman uang online terpercaya, sangatlah penting untuk hati-hati dan menerapkan kebiasaan cek ricek terhadap pihak penyedia pinjaman.

Salah satu perusahaan pinjaman uang online terpercaya yang menyalurkan pinjaman tanpa agunan yaitu Amar Bank dengan produk pinjaman online-nya Tunaiku. Bisa Anda cek situs resminya di tunaiku.com dan aplikasi Android-nya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app&hl=en. Terapkan apa yang sudah Anda pelajari di atas terhadap perusahaan ini, dan semoga artikel ini bermanfaat!

Summary
Begini Tips Nyari Pinjaman Uang Online Terpercaya
Article Name
Begini Tips Nyari Pinjaman Uang Online Terpercaya
Description
Banyak tawaran pihak yang ngakunya penyedia pinjaman uang online terpercaya, ternyata malah ilegal dan menipu. Gimana membedakannya?
Author
Publisher Name
PinjamanInstan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.